Berita Terkini
Seminar Antar Fakultas IPDN Hadirkan Nara Sumber dari Malaysia
|
Penyamaan Persepsi untuk Calon Asesor Evaluasi Beban Kerja Dosen IPDN Tahun 2011
(Cilandak, 22 Februari 2011) Bagian Akademik IPDN dalam rangka impelementasi evaluasi beban kerja dosen Institut Pemerintahan Dalam Negeri tahun 2011, telah melaksanakan sosialisasi perhitungan dan penyamaan persepsi penilaian kepada asesor dan calon asesor internal pada Hari Selasa 22 Februari 2011 bertempat di Ruang Rapat Kampus IPDN Cilandak. Acara dibuka dan dipandu oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si. Hadir sebagai narasumber dari DIKTI Jakarta Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd. Peserta yang hadir pada acara tersebut 26 orang calon asesor internal yang berasal dari Fakultas Politik Pemerintahan dan Fakultas Manajemen Pemerintahan.
Pembantu Rektor dalam sambutannya mengungkapkan bahwa penyamaan persepsi terhadap calon asesor penilaian beban kerja dosen sangat penting dilakukan mengingat bahwa kegiatan ini merupakan hal yang masih baru di Lingkungan IPDN
Senada dengan sambutan Pembantu Rektor, Dr. Ir. Ivan Hanafi M.Pd yang menjadi narasumber acara tersebut menyampaikan bahwa para asesor merupakan ujung tombak dari kualitas Institusi Perguruan Tinggi, baik dari sisi sertifikasi dosen maupun penilaian beban kerja. “Para asesor memegang amanah yang sangat penting terkait kualitas perguruan tinggi tersebut. Mereka memegang dua amanah penting, yaitu amanah kesejahteraan dan amanah kualitas,” jelasnya. Sebagai konsekuensi bagi dosen yang telah disertifikasi dilakukan evaluasi terhadap beban kerja dosen. Penilaian dilakukan oleh tim asesor. Asesor bertugas untuk menilai dan memverifikasi laporan kinerja dosen Lebih lanjut nara sumber mengungkapkan bahwa beban kerja dosen merupakan beban (tugas) yang diberikan oleh rektor kepada dosen, namun demikian prosedur beban kerja tidak harus selalu “top-down”, dosen juga diharuskan mencari bebannya sendiri (misalnya melalui penelitian hibah, pembuatan buku ajar dll) kemudian memintakan surat tugas untuk kegiatan tersebut agar ketentuan jumlah sks terpenuhi dan kegiatan berjalan secara melembaga.Ini merupakan paradigma baru yang berbeda dengan budaya kerja dosen pada periode sebelum sertifikasi dilakukan. Pada paparan selanjutnya di jelaskan secara rinci item-item penilaian terhadap beban kerja dosen. Namun demikian institusi pendidikan dapat membuat aturan tersendiri bagi komponen-komponen beban kerja yang belum secara detail diatur. Pada sesi tanya jawab, banyak hal seputar evaluasi beban kerja dosen ditanyakan oleh calon asesor yang kemudian dijawab secara lugas dan gamblang sehingga peserta dapat memahami secara utuh bagaimana gambaran tugas asesor ke depannya. Sumber : Bagian Akademik Last Update : Admin (24 Februari 2011) |
Benchmarking Bagian Akademik Ke Kampus UI Depok
(Depok, 10 Februari 2011) Tim IPDN yang terdiri dari perwakilan Unit Penjaminan Mutu , Unit perpustakaan, UPTIK, Bagian Akademik dan Fakultas FMP serta FPP sejumlah 10 orang melakukan kunjunga ke kampus UI Depok. Tim dari IPDN tersebut diterima oleh Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari M.Sc, MM, Kepala Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi (PPSI), Dra. Luki Wijayanti SIP. M.Si, Kepala Perpustakaan UI,Prof. Dr. drg. Hanna Bachtiar Iskandar, Sp.RKG (K) Ketua Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA) UI dan Dr. Dyah Madubrangti anggota BPMA bertempat di ruang rapat perpustakaan pusat kampus Depok,
Maksud dan tujuan kunjungan IPDN ke UI adalah untuk mempelajari bagaimana mengintegrasi perpustakaan di kampus pusat dan di daerah berbasis TIK, pengelolaan sistem informasi dan penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh kampus UI. Hal ini dalam rangka menunjang pengelolaan IPDN yang tersebar pada beberapa daerah dan bagaimana dapat dikelola secara terintegrasi agar berjalan secara efektif dan efisien Setelah acara perkenalan diri dari pihak masing-masing kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari UI mengenai dan Pelayanan Sistem Informasi yang disampaikan Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari M.Sc, MM. Pada presentasi ini, Prof. Riri menjelaskan profil PPSI, tata kelola TIK, infrastruktur & fasilitas yang tersedia, serta penerapan sistem informasi akademik. Setelah itu, presentasi dilanjutkan Dra. Luki Wijayanti SIP, M.Si mengenai perpustakaan UI. Dalam presentasinya, ia menjelaskan mengenai prinsip pemanfaatan perpustakaan UI, tugas perpustakaan UI dan fokus kegiatan perpustakaan UI. Selanjutnya, presentasi ketiga disampaikan oleh Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA) yang disampaikan Prof. Dr. drg. Hanna Bachtiar Iskandar, Sp.RKG (K) mengenai Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA) yang dimiliki UI. Dalam presentasi tersebut dijelaskan mengenai tujuan penjaminan mutu akademik, tiga pilar utama penjaminan mutu akademik, peningkatan mutu berkelanjutan dan sistem penjaminan mutu akademik yang ada di UI.
Pada sesi acara kunjungan ke Direktorat PPSI, tim menerima penjelasan lebih lanjut tentang pengembangan sistem informasi akademik Next Generation (SIAK NG) dikembangkan oleh Direktorat PPSI bagi implementasikan sistem informasi dan layanan akademik di Kampus UI. Penjelasan meliputi fitur-fitur yang dibangun dan dikembangkan dan bagaimana integrasi dilakukan berbasis online antara sub sistem atau unit layanan yang terkait. Pada kesempatan tersebut juga dijelaskan dan didemokan petunjuk penggunaan aplikasi SIAK NG yang berbasis web untuk pengguna Dosen, Mahasiswa dan Bagian Akademik. Demo meliputi pemanfaatan fitur beserta contoh-contoh penerapan sesuai dengan regulasi yang berlaku di universitas Indonesia. Penjelasan
secara terinci dan detail termasuk mendemokan aplikasi yang digunakan
oleh Bapak Fernan (Pengembang dari Fasilkom UI) dan didampingi Ibu Rahmi (PPSI). Setelah kunjungan di Direktorat PPSI, acara dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA). Penjelasan secara terinci dan detail termasuk mendemokan aplikasi yang digunakan oleh sekretaris BPMA Dra. Widyawati, MSP dan didampingi ibu Ir. Yunita (anggota BPMA). Pada intinya aplikasi sistem informasi penjaminan mutu akademik UI merupakan pusat informasi kegiatan pengendalian mutu dalam sistem penjaminan mutu internal UI. Pada tampilan SIPMA UI kita dapat mengakses informasi tentang panduan- panduan atau pun pedoman penjaminan mutu internal dan eksternal. Selain SIPMA UI juga dijelaskan mengenai implementasi perbaikan pada proses pembelajaran yang bersumber dari penilaian mahasiswa terhadap dosen dan fasilitator. Sistem informasi penjaminan mutu akademik (SIPMA) dan Evaluasi proses pembelajaran oleh mahasiswa yang diberi nama EDOM (Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa) dan EFOM (Evaluasi Fasilitator oleh Mahasiswa. Hal menarik yang juga terungkap di dalam kunjungan tersebut, bahwa dalam rangka perbaikan mutu proses pembelajaran, Badan Penjaminan Mutu Akademik menggagas kegiatan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa secara online yang aplikasinya dikembangkan oleh PPSI. Evaluasi ini merupakan instrumen untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran di akhir semester. Peduli mutu adalah motto Universitas Indonesia. Karena Universitas Indonesia menghabiskan Rp 50 juta per semester untuk membiayai pencetakan dan pemrosesan formulir EDOM kertas. Dengan menggunakan sistem informasi online, maka dana sebanyak itu bisa dihemat untuk keperluan lain. Dengan mengisi EDOM berarti mahasiswa telah berpartisipasi untuk membantu meningkatkan mutu pembelajaran. EDOM bermanfaat bagi dosen untuk memperbaiki diri bila memang masih terdapat kekurangan serta mengembangkan potensi dan kelebihan yang dimilikinya. Bagi manajemen Universitas, fakultas, dan departemen (program studi), hasil EDOM dapat dijadikan acuan dalam menyusun program peningkatan mutu proses pembelajaran dan kinerja dosen. Dan yang terpenting bagi mahasiswa, dapat merasakan peningkatan mutu proses pembelajaran yang terus menerus. Untuk memotivasi mahasiswa mengisi EDOM, nilai kuliah yang bersangkutan akan ditahan selama dua minggu setelah batas penyerahan nilai akhir oleh dosen selama formulir EDOM belum diisi. Perwakilan dari Bagian Akademik Ibu Layla Kurniawati berharap kunjungan ini memberikan inspirasi dan manfaat bagi pengembangan sistem informasi dan layanan akademik di IPDN. Sumber dan dokumentasi Bagian Akademik Last update : Admin (17-2-2011) |
Workshop Penyusunan SAP dan GBPP MK Semester II, IV dan VI Tahun Akademik 2010/2011
(Jatinangor, 3 Februari 2011) Bagian Akademik menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan GBPP dan SAP Mata Kuliah Smester genap meliputi Semester II, IV dan VI pada hari Kamis, 3 Februari bertempat di Ruang Graha Wyata praja Kampus ipdN jatinangor. Wakil Rektor IPDN Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS yang membuka kegiatan ini mengatakan, workshop
bertujuan meningkatkan kompetensi dalam merencanakan proses
pembelajaran. ’’Kami berharap kualitas proses pembelajaran meningkat dan
tersedianya kompetensi pembelajaran sesuai dengan visi dan misi IPDN,’’ tegas Wakil Rektor. Wakil Rektor berharap dengan diselenggarakannya
workshop ini mampu merancang kegiatan pembelajaran yang baik sehingga
tercipta atmosfir akademik yang kondusif dan mampu menghasilkan lulusan
yang berkualitas Hadir pula dalam kesempatan tersebut Pembantu Rektor bidang Akademik Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si. |
Pelatihan Penggunaan Aplikasi Beban Kerja Dosen
(Jatinangor, 2 Desember 2010) Dalam rangka Evaluasi
Kinerja dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi,
Bagian Adminitrasi Akademik Biro Adminitrasi Akademik, Perencanaan dan
Kerjasama melaksanakan kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi program
penghitungan beban kerja dosen kepada para dosen dan didampingi staf
yang mengerti/memahami komputer bertempat di Ruang Rapat Graha Wyata
pada hari Kamis 2/12/2010. Acara tersebut dibuka oleh Pembantu Rektor
bidang akademik Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS. dan dipandu oleh Prof.
Dr. Ir. Joko Kustono, M.Pd dari Dikti.
Pembantu Rektor Bidang Akademik dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas utama dosen adalah mentransformasi, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pelaksanaan tugas dossen tersebut perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan . Menindaklanjuti sosialisasi evaluasi beban kerja dosen yang pernah di selenggarakan maka untuk memperlancar pelaksanaannya perlu diberikan pelatihan penggunaan aplikasi perhitungan beban kerja dosen didampingi para staf yang telah memahami komputer. Pelatihan ini untuk membekali para dosen memahami tata cara penetapan dan pengisian beban kerja doen dan evaluasi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Prof. Dr. Ir. Joko Kustono, M.Pd didampingi Ir. Abdul Wahed dari tim beban kerja Ditnaga Dikti memaparkan bahwa secara lengkap tata cara penyusunan laporan kinerja dosen dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu (1) laporan dosen, yaitu laporan yang dibuat oleh dosen dan (2) laporan seksi data dan informasi, yaitu laporan yang dibuat oleh seksi data dan informasi pada perguruan tinggi yang bersangkutan. Program untuk dosen yang melaporkan disebut Laporan Kinerja dosen, sementara program lain diperuntuk bagi seksi data dan informasi di Fakultas. Untuk memulai mengerjakan program perhitungan beban kerja dosen, maka dosen dapat memulai membuka program dengan nama file beban kerja. Selanjutnya mengisi data dimulai dari proses pengisian identitas diri pada form yang telah disediakan dilanjutkan dengan pengisian kinerja yang terkait dengan bidang pendidikan, penelitian dan tridharma perguruan tinggi. Berikut langkah-langkah yang perlu dipahami oleh dosen :
Pada akhir pemaparannya, Prof. Dr. Ir. Kustono, M.Pd mengharapkan kepada peserta untuk selalu mengikuti update aplikasi perangkat lunak terbaru dari situs Ketenagaan Dikti. (ADM) Materi pelatihan selengkapnya silahkan diunduh untuk menghitung Beban Kerja Dosen yang berasal dari DIKTI
Bagi yang belum mempunyai microsoft Acces, silahkan unduh dan install file Access Runtime 2007 di Komputer Sumber : Dokumentasi Humas dan Bagian Administrasi Akademik IPDN Last Update : Admin (2010-12-06; 01:38:31) |
Sosialisasi Pedoman Beban Kerja Dosen & Pelaksanaan Tri Dharma PT
(Jakarta, 2 Agustus 2010). Bertempat di Aula
Pascasarjana MAPD Kampus IPDN Cilandak Jakarta, Bagian Akademik dan Fakultas Politik
Pemerintahan melaksanakan Kegiatan sosialisasi pedoman beban kerja dosen
bagi dosen-dosen yang bernaung di Jurusan Kebijakan Pemerintahan dan
Pemberdayaan Masyarakat. Acara dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang
Akademik mewakili Rektor IPDN (Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS) dengan
menghadirkan nara sumber Prof. Dr Ir Djoko Kustono H M dari Tim
Direktorat Ketenagaan Ditjen Dikti. Kegiatan sosialisasi pedoman beban kerja dosen dan evaluasi pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, didasari bahwa dosen yang telah memiliki sertifikat pendidik dan memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan diberi tunjangan profesi setiap bulan (Pasal 3 ayat 1 PP No 41 Tahun 2009). Sebagai konsekwensinya dosen ybs harus melaporkan tugas yang menjadi beban kerjanya. Berdasarkan PP No 37 tahun 2009
(pasal 8), salah satu persyaratan adalah memenuhi beban kerja dosen
khususnya dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan beban
kerja paling sedikit sepadan dengan 12 (dua belas) SKS dan paling
banyak 16 (enam belas) SKS pada setiap semester sesuai dengan
kualifikasi akademiknya. Beban kerja pendidikan dan penelitian paling
sedikit sepadan dengan 9 (Sembilan) SKS yang dilaksanakan di perguruan
tinggi yang bersangkutan; dan beban kerja pengabdian kepada masyarakat
dapat dilaksankaan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang
diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan atau melalui
lembaga lain. Pelaksanaan
beban kerja dosen kemudian wajib dilaporkan melalui penyampaian
laporan kinerja dosen yang aplikasinya telah disiapkan di ditjen
dikti. Masing-masing dosen kemudian mengisi form-form dalam aplikasi
tersebut yang telah disiapkan sesuai dengan pelaksanaan tugasnya.
Selanjutnya penilaian akan dilakukan oleh asesor. Penetapan asesor
untuk kinerja dosen dapat ditetapkan oleh SK Rektor Ini berbeda dengan
penetapan asesor untuk sertifikasi harus asesor yang memiliki NIRA
yang daftarnya terdapat di direktori asesor ditjen dikti. Materi yang terkait dengan sosialisasi :
Sumber : Fakultas PP dan Bag. Akademik |
Workshop Penyusunan SAP dan GBPP MK Semester I, III dan V TA. 2010/2011