Berita Terkini‎ > ‎

Benchmarking Bagian Akademik Ke Kampus UI Depok

diposting pada tanggal 21 Feb 2011 12.24 oleh admin @ipdn.ac.id   [ diperbarui21 Feb 2011 13.00 ]
(Depok, 10 Februari 2011)  Tim IPDN yang terdiri dari perwakilan Unit Penjaminan Mutu , Unit perpustakaan, UPTIK, Bagian Akademik dan Fakultas  FMP serta FPP sejumlah 10 orang  melakukan kunjunga ke kampus UI Depok.  Tim dari IPDN tersebut  diterima oleh Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari M.Sc, MM, Kepala Pengembangan dan Pelayanan Sistem Informasi (PPSI), Dra. Luki Wijayanti SIP. M.Si, Kepala Perpustakaan UI,Prof. Dr. drg. Hanna Bachtiar Iskandar, Sp.RKG (K) Ketua Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA) UI dan Dr. Dyah Madubrangti  anggota  BPMA bertempat di ruang rapat perpustakaan pusat kampus Depok,


Maksud dan tujuan kunjungan IPDN ke UI adalah untuk mempelajari  bagaimana mengintegrasi perpustakaan di kampus  pusat dan di daerah berbasis TIK, pengelolaan sistem informasi dan penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh kampus UI.  Hal ini dalam rangka menunjang pengelolaan  IPDN yang tersebar pada beberapa daerah dan bagaimana dapat dikelola secara terintegrasi agar berjalan secara efektif dan efisien

Setelah acara perkenalan diri dari pihak masing-masing kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari UI mengenai dan Pelayanan Sistem Informasi yang disampaikan Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari M.Sc, MM. Pada presentasi ini, Prof. Riri menjelaskan profil PPSI, tata kelola TIK, infrastruktur & fasilitas yang tersedia, serta penerapan sistem informasi akademik. Setelah itu, presentasi dilanjutkan Dra. Luki Wijayanti SIP, M.Si mengenai perpustakaan UI.  Dalam presentasinya, ia menjelaskan mengenai prinsip pemanfaatan perpustakaan UI, tugas perpustakaan UI dan fokus kegiatan perpustakaan UI. Selanjutnya, presentasi ketiga disampaikan oleh Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA) yang disampaikan Prof. Dr. drg. Hanna Bachtiar Iskandar, Sp.RKG (K) mengenai Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA) yang dimiliki UI. Dalam presentasi tersebut dijelaskan mengenai tujuan penjaminan mutu akademik, tiga pilar utama penjaminan mutu akademik, peningkatan mutu berkelanjutan dan sistem penjaminan mutu akademik yang ada di UI.

Pada sesi acara kunjungan ke Direktorat PPSI, tim menerima penjelasan lebih lanjut tentang pengembangan sistem informasi akademik Next Generation (SIAK NG)  dikembangkan oleh Direktorat PPSI bagi  implementasikan sistem informasi dan layanan akademik di Kampus UI.  Penjelasan meliputi fitur-fitur yang dibangun dan dikembangkan dan bagaimana integrasi dilakukan berbasis online antara sub sistem atau unit layanan yang terkait. 
Pada kesempatan tersebut juga dijelaskan dan didemokan petunjuk penggunaan aplikasi SIAK NG yang berbasis web untuk pengguna Dosen, Mahasiswa dan  Bagian Akademik.  Demo meliputi pemanfaatan fitur beserta contoh-contoh penerapan sesuai dengan regulasi yang berlaku di universitas Indonesia.  Penjelasan secara terinci dan detail  termasuk mendemokan aplikasi yang digunakan oleh Bapak Fernan  (Pengembang dari Fasilkom UI) dan didampingi Ibu Rahmi (PPSI).

Setelah kunjungan di Direktorat PPSI, acara dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA).  Penjelasan secara terinci dan detail  termasuk mendemokan aplikasi yang digunakan oleh sekretaris BPMA Dra. Widyawati, MSP dan didampingi ibu Ir. Yunita (anggota BPMA).

Pada intinya aplikasi sistem informasi penjaminan mutu akademik UI merupakan pusat informasi kegiatan pengendalian mutu dalam sistem penjaminan mutu internal UI.  Pada tampilan  SIPMA UI kita dapat mengakses informasi tentang panduan- panduan atau pun pedoman penjaminan mutu internal dan eksternal.  Selain SIPMA UI juga dijelaskan mengenai implementasi perbaikan pada proses pembelajaran yang bersumber dari penilaian mahasiswa terhadap dosen dan fasilitator.  Sistem informasi penjaminan mutu akademik (SIPMA) dan Evaluasi proses pembelajaran oleh mahasiswa yang diberi nama EDOM (Evaluasi  Dosen Oleh  Mahasiswa) dan EFOM (Evaluasi Fasilitator oleh Mahasiswa. 

Hal menarik yang juga terungkap di dalam kunjungan tersebut, bahwa dalam rangka perbaikan mutu proses pembelajaran, Badan Penjaminan Mutu Akademik menggagas kegiatan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa secara online yang aplikasinya dikembangkan oleh PPSI. Evaluasi ini merupakan  instrumen untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran di akhir semester.  Peduli mutu adalah motto Universitas Indonesia. Karena Universitas Indonesia menghabiskan Rp 50 juta per semester untuk membiayai pencetakan dan pemrosesan formulir EDOM kertas. Dengan menggunakan sistem informasi online, maka dana sebanyak itu bisa dihemat untuk keperluan lain.

Dengan mengisi EDOM berarti mahasiswa telah berpartisipasi untuk membantu meningkatkan mutu pembelajaran. EDOM bermanfaat bagi dosen untuk memperbaiki diri bila memang masih terdapat kekurangan serta mengembangkan potensi dan kelebihan yang dimilikinya. Bagi manajemen Universitas, fakultas, dan departemen (program studi), hasil EDOM dapat dijadikan acuan dalam menyusun program peningkatan mutu proses pembelajaran dan kinerja dosen. Dan yang terpenting bagi mahasiswa, dapat merasakan peningkatan mutu proses pembelajaran yang terus menerus.  Untuk memotivasi mahasiswa mengisi EDOM, nilai kuliah yang bersangkutan akan ditahan selama dua minggu setelah batas penyerahan nilai akhir oleh dosen selama formulir EDOM belum diisi.

Perwakilan dari Bagian Akademik  Ibu Layla Kurniawati berharap kunjungan ini memberikan inspirasi dan manfaat bagi pengembangan sistem informasi  dan layanan akademik di IPDN. 

Sumber dan dokumentasi  Bagian Akademik

Last update : Admin (17-2-2011)
Comments