Berita Terkini‎ > ‎

Pelatihan Penggunaan Aplikasi Beban Kerja Dosen

diposkan pada tanggal 12 Jan 2011 01.41 oleh admin @ipdn.ac.id   [ diperbarui3 Feb 2011 20.27 ]
(Jatinangor, 2 Desember 2010) Dalam rangka Evaluasi Kinerja dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Bagian Adminitrasi Akademik Biro Adminitrasi Akademik, Perencanaan dan Kerjasama melaksanakan kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi program penghitungan beban kerja dosen kepada para dosen  dan didampingi staf yang mengerti/memahami komputer bertempat di Ruang Rapat Graha Wyata pada hari Kamis 2/12/2010.  Acara  tersebut dibuka oleh Pembantu Rektor bidang akademik Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS. dan dipandu oleh Prof. Dr. Ir. Joko Kustono, M.Pd dari Dikti.

Pembantu Rektor Bidang Akademik dalam sambutannya menyampaikan bahwa tugas utama dosen adalah mentransformasi, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.  Pelaksanaan tugas dossen tersebut perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan .  Menindaklanjuti sosialisasi evaluasi beban kerja dosen yang pernah di selenggarakan maka untuk memperlancar pelaksanaannya perlu diberikan pelatihan penggunaan aplikasi perhitungan beban kerja dosen didampingi para staf yang telah memahami komputer.  Pelatihan ini untuk  membekali para dosen  memahami tata cara penetapan dan pengisian beban kerja doen dan evaluasi pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

Prof. Dr. Ir. Joko Kustono, M.Pd didampingi Ir. Abdul Wahed dari tim beban kerja Ditnaga Dikti memaparkan bahwa secara lengkap tata cara penyusunan laporan kinerja dosen dapat dibedakan menjadi dua bagian yaitu (1) laporan dosen, yaitu laporan yang dibuat oleh dosen dan (2) laporan seksi data dan informasi, yaitu laporan yang dibuat oleh seksi data dan informasi pada perguruan tinggi yang bersangkutan.  Program untuk dosen yang melaporkan disebut Laporan Kinerja dosen, sementara program lain diperuntuk bagi seksi data dan informasi di Fakultas. Untuk memulai mengerjakan program perhitungan beban kerja dosen, maka dosen dapat memulai membuka program dengan nama file beban kerja.  Selanjutnya  mengisi data dimulai dari proses pengisian identitas diri pada form yang telah disediakan dilanjutkan dengan pengisian kinerja yang terkait dengan bidang pendidikan, penelitian dan tridharma perguruan tinggi.  Berikut langkah-langkah yang perlu dipahami oleh dosen :

  1. Dosen membuat laporan kinerja secara lengkap menggunakan format 1 dengan memanfaatkan software LKD.
  2. Laporan ini kemudian di print (dicetak 3 kali, atu untuk Fakultas, satu untuk Universitas/Institut dan satu untuk diri sendiri) dikonsultasikan kepada dua orang asesor yang ditugaskan oleh pimpinan perguruan tinggi untuk menilai.  Konsultasi harus berjalan dengan prinsip saling asah-asih dan asuh sampai disetujui asesor.  Apabila assessor sudah setuju, maka menandatangani berkas laporan kinerja
  3. LKD yang sudah ditandatangani asesor  diserahkan kepada seksi Data Beban Kerja di perguruan tinggi masing-masing bersama-sama dengan software LKD yang sudah diisi.  Nama software LKD diubah (rename) seuai dengan nama doen yang mengisi.

Pada akhir pemaparannya, Prof. Dr. Ir. Kustono, M.Pd mengharapkan kepada peserta untuk selalu mengikuti update aplikasi perangkat lunak terbaru dari situs Ketenagaan Dikti. (ADM)

Materi pelatihan selengkapnya silahkan diunduh untuk menghitung Beban Kerja Dosen yang berasal dari DIKTI

Bagi yang belum mempunyai microsoft Acces, silahkan unduh dan install file Access Runtime 2007 di Komputer

Sumber : Dokumentasi Humas dan Bagian Administrasi Akademik IPDN

Last Update : Admin (2010-12-06; 01:38:31)

Comments